UNTUK MENDAPATKAN BULETIN AL-IMAN DALAM BENTUK PDF KLIK TAHUN 1 TAHUN 2 TAHUN 3

Home » , , » BERLOMBA DALAM IBADAH

BERLOMBA DALAM IBADAH

Written By Unknown on Selasa, 14 Mei 2013 | 06.58


 


Segala puji bagi Allah yang senantiasa memberikan nikmat-nikmat-Nya kepada kita. Salawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam, yang dengan wasilah beliau manusia mendapatkan hidayah untuk beribadah kepada Allah dengan sebenar-benarnya. Merupakan kemuliaan dan keistimewaan yang besar bagi agama Islam adalah dengan dijadikan agama ini sebagai agama yang sempurna, satu-satunya agama yang diridai Allah subhanahu wa ta’ala.
Allah ta’ala berfirman: “Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Kucukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Kuridhai Islam itu menjadi agama bagimu.” (QS. Al-Maidah: 03)

Di antara bentuk keistimewaan agama ini adalah bahwasanya syariat Islam memberikan kemudahan bagi pemeluknya untuk dapat menjalankan amal ibadahnya, dalam situasi dan kondisi apapun. Sehingga seorang muslim dapat saling meningkatkan kualitas dan kuantitas penghambaan diri mereka kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Pada kesempatan ini penulis ingin mengupas sedikit tentang bagaimana semangat generasi terdahulu dalam meningkatkan amal dan berlomba dalam menjalankannya.

Perhatian Salaf terhadap Berlomba-lomba di dalam Ibadah

Perhatian salaf terhadap penghambaan diri kepada Allah dan berlomba dalam meningkatkannya sangatlah besar. Sangat sulit didapati orang yang seperti mereka di zaman kita sekarang ini. Tentang semangat tersebut dapat kita temukan dari sumber-sumber riwayat yang sahih. Dimulai dari para sahabat, untuk menunjukkan keseriusan dan kecintaan mereka dengan ibadah, mereka senantiasa bertanya kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam tentang amal perbuatan yang paling mulia dan paling dicintai oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Setelah dijawab oleh Rasulullah, mereka pun tidak merasa puas begitu saja dengan jawaban tersebut, namun mereka bertanya lagi dan lagi. Beberapa hadis di bawah ini menerangkan semangat beribadah mereka.

Hadis Pertama: Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu,


عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ رَضِيَ اللَّّهُ عَنْهُ قَالَ: سَأَلْتُ رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: قُلْتُ يَا رَسُوْلَ اللَّهِ، أَيُّ العَمَلِ أَفْضَلُ؟ قَالَ: الصَّلاَةُ عَلَى مِيْقَاتِهَا. قُلْتُ: ثُمَّ أَيُّ؟ قَالَ: ثُمَّ بِرُّ الوَالِدَيْنِ. قُلْتُ: ثُمَّ أَيُّ؟ قَالَ: الجِهَادُ فِيْ سَبِيْلِ اللَّهِ. فَسَكَتَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلَوْ اسْتَزَدْتُهُ لَزَادَنِيْ  

Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu beliau berkata: “Aku bertanya kepada Rasulullah: “Ya Rasulullah, amalan apa yang paling mulia?” beliau menjawab: “Salat tepat pada waktunya.” Aku bertanya lagi: “Lalu apa lagi?” Nabi menjawab: “Berbakti kepada kedua orang tua.” Aku bertanya lagi “Kemudian apa?” Beliau menjawab: “Jihad di jalan Allah.” Setelah itu Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam diam, seandainya aku meminta ditambah lagi, niscaya beliau akan menambahkan lagi.” (HR. al-Bukhari)

Hadis Kedua: Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu,



أَنَّ رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ: أَيُّ العَمَلِ أَفْضَلُ؟ فَقَالَ: إِيْمَانٌ بِاللَّهِ وَرَسُوْلِهِ. قِيْلَ: ثُمَّ مَاذَا؟ قَالَ: الجِهَادُ فِيْ سَبِيْلِ اللَّهِ. قِيْلَ: ثُمَّ مَاذَا؟ قَالَ: حَجٌّ مَبْرُوْرٌ


Dari Abu Hurairah: Rasulullah pernah ditanya, amalan apa yang paling mulia? Beliau menjawab: “Beriman kepada Allah dan Rasulnya.” Kemudian ditanya lagi: “Lalu apa?” Beliau menjawab: “Jihad di jalan Allah.” Kemudian ditanya lagi, “Lalu apa lagi?” Beliau menjawab: “Haji mabrur.” (HR. al-Bukhari)

Kecemburuan Sahabat dalam Perlombaan Ibadah

Kecemburuan yang indah adalah kecemburuan yang dilandasi dengan iman dan takwa kepada Allah. Kecemburuan yang seperti inilah yang terpuji. Sebagian dari kita bisa jadi ketika melihat saudaranya dalam keadaan lapang hartanya, di hatinya ada perasaan menginginkan dan memiliki seperti apa yang ada pada mereka. Akan tetapi cobalah kita lihat bagaimana iman para sahabat. Ibadah mereka bukan sekedar dengan fisik akan tetapi harta pun akan mereka korbankan hanya untuk mengabdikan diri kepada Allah azza wa jalla. Kita simak pengaduan sahabat yang fakir kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tatkala kalah dalam sebuah perlombaan. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

عَنْ أَبِيْ ذَرٍّ: أَنَّ نَاسًا مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالُوْا لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: يَا رَسُوْلَ اللَّهِ، ذَهَبَ أَهْلُ الدُّثُوْرِ بِاْلأُجُوْرِ، يُصَلُّوْنَ كَمَا نُصَلِّيْ، وَيَصُوْمُوْنَ كَمَا نَصُوْمُ، وَيَتَصَدَّقُوْنَ بِفُضُوْلِ أَمْوَالِهِمْ. قَالَ: أَوَ لَيْسَ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لَكُمْ مَا تَصَدَّقُوْنَ؟ إِنَّ بِكُلِّ تَسْبِيْحَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلِّ تَكْبِيْرَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلِّ تَحْمِيْدَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلِّ تَهْلِيْلَةٍ صَدَقَةٌ، وَأَمْرٍ بِالـمَعْرُوْفِ صَدَقَةٌ، وَنَهْيٍ عَنْ مُنْكَرٍ صَدَقَةٌ، وَفِيْ بُضْعِ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ

Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Sesungguhnya sebagian sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepada Nabi: “Wahai Rasulullah, orang-orang kaya lebih banyak mendapat pahala, mereka mengerjakan salat sebagaimana kami salat, mereka berpuasa sebagaimana kami berpuasa, dan mereka bersedekah dengan kelebihan harta mereka.” Nabi bersabda: “Bukankah Allah telah menjadikan bagi kalian sesuatu untuk bersedekah? Sesungguhnya tiap-tiap tasbih adalah sedekah, tiap-tiap tahmid adalah sedekah, tiap-tiap tahlil adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah kemungkaran adalah sedekah dan persetubuhan salah seorang di antara kalian (dengan istrinya) adalah sedekah.” (HR. Muslim)

Inilah di antara contoh antusias dan perlombaan para sahabat radhiyallahu ‘anhum dalam menjalankan penghambaan diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Mereka adalah umat terbaik yang Allah utus untuk mendampingi Nabi-Nya, namun hati mereka senantiasa merasa tidak puas dengan apa yang telah mereka lakukan. Lantas bagaimana dengan kita yang tidak ada jaminan kebaikan ini, apakah kita rela dan ridha hanya dengan apa yang telah kita lakukan?!

Oleh karenanya, selama kekuatan, kesehatan, dan kehidupan masih kita miliki apalah yang menghalangi untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas amal perbuatan kita? Padahal Allah subhanahu wa ta’ala pernah berfirman dalam hadis qudsi mengenai kemuliaan ibadah walaupun hanya yang bersifat sunah.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah ta’ala telah berfirman: “Barangsiapa memusuhi wali-Ku, maka sesungguhnya Aku menyatakan perang terhadapnya. Hamba-Ku senantiasa (bertaqarrub) mendekatkan diri kepada-Ku dengan suatu (perbuatan) yang Aku sukai, seperti bila ia melakukan yang fardhu yang Aku perintahkan kepadanya. Hamba-Ku senantiasa mendekatkan diri kepada-Ku dengan amalan-amalan sunah hingga Aku mencintainya. Jika Aku telah mencintainya, maka Aku menuntun pendengarannya yang ia gunakan untuk mendengar, penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat, tangannya yang ia gunakan untuk memegang, dan kakinya yang ia gunakan untuk berjalan. Jika ia meminta sesuatu kepada-Ku, pasti Aku mengabulkannya dan jika ia memohon perlindungan, pasti akan Aku berikan kepadanya.” (HR. al-Bukhari)

Demikian pula, amalan yang dicintai Allah bukanlah amalan yang besar akan tetapi hanya dilakukan sekali saja kemudian berhenti, tapi amalan yang dicintai-Nya adalah amalan yang dilakukan secara terus-menerus walaupun sedikit. Oleh karenanya, janganlah kita merasa sedih dan cemas, karena Allah akan menerima dan memberikan pahala terhadap kebaikan sekecil apapun yang kita lakukan. Allah ta’ala berirman: “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.” (QS. al-Zalzalah: 7-8)

Mudah-mudahan Allah senantiasa memudahkan dan memberi taufik-Nya kepada kita dalam melakukan amal ibadah yang kita butuhkan sebagai bekal menuju hari yang tidak berharga lagi harta kekayaan.
Oleh :  Yusuf Solihin


0 komentar:

Buletin Terbaru

Radom Post

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS